Selasa, 08 November 2016

PEMERIKSAAN AKUNTANSI LANJUT

PEMERIKSAAN AKUNTANSI LANJUT

Nama   : Novi Handani
NPM   : 26213523
Kelas   : 4EB05
(GANJIL)

JAWABAN KAJI ULANG
1.      Perbedaan antara professional sistem, pengguna akhir, dengan pemegang saham.
Ø  Profesional sistem (system professional) adalah analis, teknisi sistem, dan programmer. Orang-orang inilah yang akan benar-benar membangun sistem. Mereka mengumpulkan berbagai fakta mengenai masalah dalam sistem yang telah ada, menganalisis fakta tersebut, dan merumuskan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Hasil dari usaha mereka adalah sistem baru.
Ø  Pengguna akhir (end user) adalah pihak untuk siapa sistem dibangun. Terdapat banyak pengguna akhir dengan berbagai tingkatan dalam sebuah perusahaan. Para pengguna tersebut meliputi para manager, personel operasional, akuntan dan auditor internal. Dalam beberapa perusahaan, sulit untuk menemukan pihak yang bukan pengguna. Dalam proses pengembangan sistem, professional sistem bekerja bersama para pengguna utama untuk mendapatkan pemahaman mengenai masalah pengguna dan mendapatkan pernyataan yang jelas mengenai kebutuhan mereka.
Ø  Pemegang kepentingan (stakeholder) adalah orang-orang didalam atau diluar perusahaan yang memiliki kepentingan atas sistem terkait akan tetapi bukan merupakan pengguna akhir sistem tersebut. Orang-orang ini meliputi akuntan, auditor internal dan eksternal, serta komite pengarah internal yang mengawasi pengembangan sistem.

3.      Tiga masalah yang menyebabkan kegagalan sistem:
a.       Kurangnya penyesuaian pengembangan system
b.      Pengembangan sistem yg tidak dapat dipelihara
c.       Adanya kerusakan dan kesalahan rancangan

5.      Yang harus masuk dalam komite pengarah meliputi CEO,direktur keuangan,direktur informasi, pihak manajemen senior dari berbagai area pengguna, auditor internal dan pihak manajemen senior dari layanan komputer.
Tanggung jawab komite pengarah:
a.       Mengatasi berbagai konflik yang timbul dari sistem baru
b.      Mengkaji berbagai proyek dan menetapkan prioritas
c.       Menganggarkan dana untuk pengembangan sistem
d.      Mengkaji status tiap proyek yang sedang berjalan
e.       Menentukan melalui berbagai titik pemeriksaan diseluruh SDLC apakah akan melanjutkan proyek atau menghentikannya.

7.      Perencanaan sistem strategis (strategic system planning) melibatkan alokasi berbagai sumber daya sistem ditingkat makro. Biasanya perencanaan ini berhubungan dengan kerangka waktu tiga hingga lima tahun.

Rencana sistem stategis berkaitan dengan alokasi berbagai sumber daya sistem seperti karyawan (jumlah professional sistem yang harus dikontrak), peranti keras (jumlah terminal kerja, mini computer, dan mainframe yang harus dibeli), peranti lunak  (dana yang dialokasikan untuk proyek sistem baru dan untuk pemeliharaan sistem baru), serta telekomunikasi (dana yang dialokasikan untuk jaringan dan EDI).

Terdapat empat justifikasi untuk perencanaan sistem stategis:
                               a.            Rencana yang berubah secara konstan lebih baik daripada tidak ada rencana sama sekali
                              b.            Perencanaan strategis mengurangi komponen krisis dalam pengembangan sistem
                               c.            Perencanaan strategis sistem memberikan pengendalian otorisasi untuk SDLC
                              d.            Perencanaan sistem strategis memang selalu berhasil baik

9.      Pendekatan desain berorientasi objek (object-oriented design-OOD) menggambarkan sistem informasi dari berbagai komponen atau objek (object) standar yang dapat digunakan kembali.

11.  Teknik utama dalam pengumpulan fakta yaitu:
·         Observasi
·         Keterlibatan dalam pekerjaan
·         Wawancara personal
·         Mengkaji dokumen sumber

13.  Sumber data (data source)  meliputi berbagai entitas eksternal , seperti pelanggan atau vendor, serta sumber-sumber internal dari berbagai departemen lainnya.

Penyimpanan data (data store)  yaitu berbentuk file, basis data, akun, dan berbagai dokumen sumber yang digunakan dalam sistem.

Aliran data (data flow) diwakili oleh perpindahan berbagai dokemen dan laporan antar sumber data , penyimpanan data,pekerjaan pemrosesan,dan pengguna.

15.  Tujuan analisi sistem yaitu untuk mengidentifikasi berbagai kebutuhan pengguna dan menspesifikasikan berbagai kebutuhan untuk sistem yang baru.
Jenis informasi yang harusdimasukan kedalam laporan analisis sistem yaitu
a.       Mengkaji pihak manajeme atau komite pengarahan mengenai berbagai temuan survey
b.      Masalah yang di identifikasi dalam sitem yaang ada
c.       Kebutuhan pengguna
d.      Kebutuhan sistem baru

17.  Dua pendekatan dalam desain konseptual sistem:
a.       Pendekatan Desain Terstruktur
b.      Pendekatan Beriorentasi Objek

19.  Objek merupakan adalah lokasi di memori yang memiliki nilai dan direferensikan oleh pengidentifikasi. Karakteristiknya, mengembangkan sistem informasi dari berbagai komponen atau objek standar yang dapat digunakan kembali. Contohnya yaitu proses dalam pembuatan mobil dan perose dalam pembuatan tas kulit

21.  Yang seharusnya dilibatkan dalam melakukann studi kelayakan terperinci adalah komiter pengarah dan juga seorang auditor, fokus utama seorang auditor terletak pada kelayakn ekonomi sistem yang diusulkan telah diukur seakurat mungkin atau tidak.

23.  Hal-hal berikut ini sebagai biaya yang timbul sekali atau yang berulang-ulang :
a.       Melatih Personel (sekali)
b.      Pemrograman dan pengujian awal (sekali)
c.       Desain sistem (sekali)
d.      Biaya piranti keras (sekali)
e.       Biaya pemeliharaan piranti lunak (berulang-ulang)
f.       Persiapan lokasi (sekali)
g.       Sewa fasilitas (berulang-ulang)
h.      Konversi data dari sistem lama ke sistem baru (sekali)
i.        Biaya asuransi (berulang-ulang)
j.        Instalasi perlengkapan awal (sekali)
k.      Pembaharuan piranti keras (sekali)

25.  Dikembangkan secara Internal:
·         Kebutuhan akan sistem yang disesuaikan. Kemampuan untuk menghasilka berbagai aplikasi yang memiliki spesifikasi tepat seperti yang dibutuhkan.
·         Apaemiliharaan. Memberikan para pengguna aplikasi berak cipta yang dapat secara ekonomis dipelihara.
Dikembangkan secara komersial:
·         Waktu implementasi. Peranti lunak komersial dapat diimplementasikan hampir secara langsung pada saat timbul kebutuhan. Pengunanya tidak harus menunggu
·         Biaya
·         Keandalan. Kebanyakan peranti lunak komersil telah diuji secara menyeluruh sebelum dilepaskan ke pasar

27.  Data uji yang dibuat dalam tahap implementasi seharusnya disimpan dengan tujuan untuk memfasilitasi pengujian dan dapat digunakan kembali dimasa mendatang

29.  Dokumen yang biasanya tidak dibutukan ole pemegang kepentingan lain akan tetapi dibutuhkan akuntan dan auditor untuk sistem baru yaitu
a.       Dokumen operator
b.      Dokumen pengguna
c.       Dokumen desainer dan programmer

JAWABAN DISKUSI
1.      Berikan pendapat Anda mengenai pernyataan berikut ini : “Tahap pemeliharaan dalam SDLC melibatkan perubahan mendasar yang mengakomodasi perubahan kebutuhan pengguna.”

Jawab:
Karena kebutuhan pengguna sistem yang berbeda-beda maka sistem lah yang harus menyesuaikan apa yang pengguna butuhkan. Sistem dapat dikatakan gagal apabila tidak dapat memenuhi kebutuhan pengguna atau menyelesaikan permasalahan pengguna

 3.  Apakah rencana strategis yang baik berorientasi pada perincian ?

Jawab:
Tidak, justru dalam rencana strategis harus menghindari terlalu banyak perincian. Karena pada tahap perencanaan hanya memungkinkan para spesialis untuk fokus terhadap membuat keputusan berdasarkan informasi yang memadai dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang relevan, seperti harga, ukuran kinerja, keamanan, dan pengendalian.


 5.   Apa tujuan yang diberikan proposal proyek sistem ? Bagaimana tujuan ini dievaluasi dan dibuat prioritasnya ? Apakah proses pembuatan prioritas adalah proses yang objektif atau yang subjektif ?

Jawab:
Tujuan dari proposal proyek adalah untuk memberikan pihak manajemen dasar untuk memutuskan apakah akan melanjutkan proyek atau tidak. Terkait masalah melanjutkan atau tidak proyek tersebut manajemen akan mengevaluasi  proposal tersebut karena proposal tersebut berisi ringkasan- ringkasan mengenai temuan dari penelitian yang telah dilakuan sebelumnya sehingga menjadi bahan pertimbangan manajemen dalam pengambilan keputusan.

7.  Kurangnya dukungan dari pihak manajemen puncak mengarah pada kegagalan proyek sistem baru selama tahap implementasi. Mengapa menurut Anda dukungan dari pihak manajemen begitu penting ?

Jawab:
Dalam tahap implementasi, struktur basis data akan dibuat dan diisi dengan data perlengkapan akan dibeli dan diinstal, karyawan dilatih, sistem didokumentasikan, dan sistem yang baru akan diinstal. Proses implementasi tersebut melibatkan berbagai usaha dari para desainer, programer, administrator basis data, pengguna, dan akuntan. Berbagai aktifitas tersebut membutuhkan biaya yang besar apabilan dari pihak manajemen tidak mendukung secara penuh maka tahap implementasi tidak bisa dilaksanakan.

9.  Bandingkan dan bedakan antara pendekatkan desain terstruktur dan pendekatan berorientasi objek. Mana menurut Anda yang lebih menguntungkan ? Mengapa ?

Jawab:

Pendekatan Terstruktur
    Mengembangkan sistem yang baru dari nol serta dari atas ke bawah.

Pendekatan desain Berorientasi Objek
     Mengembangkan sistem dari bawah ke atas melalui perakitan berbagai modul yang dapat digunakan kembali, bukan membuat sistem dari awal.

Menurut saya yang lebih menguntungkan adalah Pendekatan desain berorientasi objek, karena pada desaian berorientasi objek melakukan metode yang paling tepat dengan mengembangkan sistem dari bawah ke atas dalam hall ini sistem dapat dilihat secara keseluruhan proyek dan membagi proses kedalam berbagai fungsi proyek, dan tidak membutuhkan waktu yang relatif lama karena pendekatan ini tidak lagi merancang sistem dari awal tidak seperti sistem terstruktur.

11.  Manfaat tidak terwujud biasanya sangat sulit untuk diukur secara akurat. Beberapa desainer beragumentasi bahwa jika Anda tidak memperhitungkannya, maka akan dihasilkan perkiraan yang konservatif. Manfaat lebih apapun akan di terima, tetapi tidak disyaratkan untuk keberhasilan sistem yang baru. Apa saja bahaya dari sudut pandang ini ?

       Jawab :
Bahaya dari sudut pandang diatas yaitu jika sistem hanya memberikan manfaat yang kecil maka sistem akan terus dipakai dan kerugian yang timbul kerena kegagalan sistem seolah tidak terlihat, serta konsumen juga tidak semua dapat merasakan manfaat dari sistem tersebut.

13.  Selama prosedur data uji, mengapa pengembangan harus menguji data yang “buruk”

       Jawab : 
  Karena data yang buruk merupakan suatu bukti dokumentasi dalam proses pengembangan  sistem dan dari bukti ini dapat di identifikasi serta di analisis sehingga menjadi bahan pertimbangan pihak manajemen untuk dalam mencapai tujuan bisnis perusahaan.

15.  Buku petunjuk operasi untuk operator komputer secara teori sama dengan daftar periksa bagi pilot pesawat yang digunakannya untuk lepas landas dan mendarat. Jelaskan mengapa buku petunjuk ini penting.

Jawab:
Buku petunjuk sangatlah penting karena memuat informasi yang sangat penting mengenai peralatan tersebut, misalkan kita membeli sebuah televisi, maka kita akan mendapatkan manual yang didalamnya berisi informasi dasar mengenai bagian-bagian dari televisi dan fungsinya, cara penggunaannya dan fitur-fitur yang terdapat didalamnya, hal-hal yang harus dilakukan dan yang tidak boleh dilakukan pada waktu pengoperasian, cara perawatan, spesifikasi teknis dan terakhir biasanya berupa petunjuk apabila terjadi masalah, hal yang sering ditanyakan dan daftar alamat yang harus dihubungi bila terjadi sesuatu.

17. Diskusikan peran penting melibatkan akuntan dalam tahap desain terperici dan implementasi. Pekerjaan apa saja yang dilakukan oleh akuntan ?

Jawab:
Pada tahap desain terperinci peran akuntan diperlukan unntuk menjamin mutu dari dokumentasi sistem terbebas dari kesalahan apapun yang terdeteksi. Kalau pada tahap implementasi Peran seorang akuntan dalam hal ini peran profesi akuntan publik (auditor) yaitu menyediakan keahlia teknis, menspesifikasikan standar dokumentasi dan memverifikasi kecukupan pengendalian.

19.   Diskusikan berbagai ukuran kelayakan yang harus dipertimbangkan. Berikan contoh untuk tiap ukuran tersebut.

Jawab:
Kelayakan hukum : pembuat keputusan harus memastikan diri bahwa sistem yang  diusulkan tidak melanggar batasan hukum yang ada. Contohnya : suatu sistem diterapkan akan tetapi melanggra privasi serta kerahasiaan yang disimpan
Kelayakan operasional : menunjukan tingkat kesesuaian antara prosedur perusahaan yang ada dengan berbagai keahlian serta kebutuhan operasional yang baru. Contohnya : saat sistem di terapkan kita melihat dulu apakah sistem ini layak untuk digunakan atau tidak.

Kelayakan jadwal : berhubungan dengan kemampuan perusahaan untuk mengimplementasikan proyek tersebut dalam waktu yang dapat di toleransi


Tidak ada komentar:

Posting Komentar